(Mataram)-Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Korda Nusa Tenggara Barat (NTB) sukses menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Open Journal Systems (OJS) dan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang diadakan pada 10-11 Januari 2018 di Kampus Politeknik Medica Farma Husada Mataram. Setelah tertunda beberapa bulan, workshop ini direspon dengan antusiasme peserta. Dihadiri oleh pengelola jurnal dari Pulau Lombok dan Sumbawa, workshop diikuti oleh jumlah peserta melebihi target panitia yang diketuai oleh Hardani M.Si sebagai tuan rumah penyelenggara yakni 46 peserta pada hari pertama dan 66 peserta pada hari kedua.

Materi pada hari pertama diisi dengan pengetahuan tentang Instalasi OJS, Manajemen Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal OJS Versi 3 dan Indikator Penilaian Jurnal. Dalam pemaparan materinya, Shahibul Ahyan M.Pd, sekaligus sebagai Ketua RJI Korda NTB menyisipkan pesan bahwa pengelolaan jurnal membutuhkan passion dan dukungan lembaga. Hari pertama menyisipkan kegiatan coaching praktek instalasi OJS oleh pemateri Muhammad Hamdi selaku Tim IT Jurnal Universitas Hamzanwadi bagi peserta yang belum memiliki atau berorientasi mengelola jurnal OJS di lembaganya masing-masing. Usai workshop, beberapa pengelola jurnal mencoba membangun komunikasi antar jurnal untuk tujuan saling berbagi dan dukung pengembangan jurnal yang mereka kelola masing-masing.

Foto Bersama Peserta+Tutor

Sementara pada hari kedua, materi yang diberikan lebih luas karena menargetkan dosen sebagai pengguna jurnal. Pemaparan Sugiman, S.T, M.T, Phd, Dosen Universitas Mataram produktif dengan 12 artikel pada jurnal terindeks Scopus, tentang Plagiarism dan Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi di Jurnal Internasional berisi tips bagaimana penulis menghindari pelanggaran etika publikasi dan memiliki wawasan tentang apa yang dibutuhkan untuk menaklukkan editor jurnal-jurnal internasional bereputasi. Diskusi diwarnai dengan sejumlah pertanyaan kasuistik yang berasal dari pengalaman peserta. Di sesi kedua, materi Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbasis Riset, disampaikan oleh Mohamad Abdun Nasir selaku Editor-in-Chief Ulumuna Journal of Islamic Studies pada UIN Mataram. Workshop ditutup oleh paparan tentang Mengakses Artikel Ilmiah. Tak kalah penting dengan output wawasan bagi peserta, terbentuknya grup diskusi alumni workshop melalui media Whatsapp menjadi langkah ke depan RJI Korda NTB menyatukan dua pulau: Lombok dan Sumbawa dalam satu visi menggiatkan publikasi di NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *