Hari ini, Selasa (09/04), Relawan Jurnal Indonesia (RJI) melaksanakan Lokakarya Literasi Jurnal di Ruang Multimedia, STP – Universitas Teknologi Sumbawa dengan sukses. Acara ini diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari berbagai pengelola jurnal yang tersebar di Pulau Sumbawa dan Lombok. Kegiatan ini terselenggara karena kerjasama RJI dengan LPPM UTS.

Dalam sambutannya, Dekan Fak. Ilmu Komunikasi UTS, Pak Aka Kurnia, M.Sn., menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta, pemateri, dan para undangan di UTS, kampus yang berada di balik Olat Maras (Bukit Kebahagiaan). Disamping itu, beliau memaparkan sedikit mengenai kondisi kampus UTS yang terus melakukan inovasi dalam penelitian dan publikasi.

Selanjutnya, Ketua Korda RJI NTB, Shahibul Ahyan, M.Pd., menyampaikan bahwa kondisi jurnal di NTB masih banyak yang belum mengikuti standar pengelolaan dengan baik, baru ada 19 jurnal yang terakreditasi dari 2230 jurnal terakreditasi yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, RJI NTB akan terus berupaya melakukan pendampingan agar proses pengelolaan jurnal lebih berkualitas. Beliau juga menyampaikan beberapa program RJI bisa diakses oleh para pengelola jurnal, baik program RJI pusat maupun program Korda RJI NTB secara khusus.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, Ibu Nurul Hudaningsih, M.T. Dalam sambutannya, Ibu Nurul menyampaikan bahwa UTS memiliki komitmen dalam peningkatan kualitas publikasi, termasuk pengelolaan jurnal. Beliau mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan dalam menyelenggarakan lokakarya literasi jurnal ini.

Pada sesi lokakarya, materi pertama, setting Digital Object Identifier (DOI) disampaikan oleh Muhammad Yunus, M.Kom. Pak Yunus juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan layanan Crossref. Dalam kesempatan ini, beberapa peserta yang belum memiliki DOI langsung menindaklanjuti penyampaian materi ini dengan langsung mengakses http://doi.relawanjurnal.id/ dan menanyakan beberapa hal terkait dengan pengurusan DOI melalui RJI. Materi kedua, strategi dan persiapan indeksasi DOAJ, disampaikan oleh Abdul Harus Rasyidi, MSi. Dalam kesempatan ini, salah satu peserta langsung apply ke DOAJ sebagai contoh bagi peserta yang lain. Materi terakhir, manajemen penerbitan artikel, disampaikan oleh Sigit Ary Wijayanto, M.M. Dalam kesempatan ini, pak Sigit menyampaikan bagaimana bisnis artikel mulai dari submit sampai publish.

Peserta merasa bersyukur sudah mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman terkait dengan pengelolaan jurnal yang lebih baik. Peserta berharap kegiatan ini bisa diadakan kembali dengan waktu yang lebih lama. Disamping itu, peserta juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dari UTS yang telah berusaha maksimal sehingga acara ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Kesan peserta:

“Yang pertama, kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan yg dilaksanakan RJI, trutama dalam hal Pengelolaan jurnal yg baik, kedepannya semoga kami tetap bisa Nimbrung dalam kegiatan-kegiatan RJI. kedua, Ucapan terimakasih kepada panitia yg memberikan service sangat baik. RJI the best”. (Rifaid, STIA Mataram)

“Kegiatan dari RJI tadi benar2 sangat berkesan dan bermanfaat untuk saya pribadi. Karena benar2 bnyak ilmu yg bisa di ambil. Bahkan kami juga di berikan bahan2 belajar link referensi td. Semoga kegiatan seperti ini nanti ada lagi tapi dengan waktu praktek yg lbh bnyak. Sekali lagi terima kasih untuk RJI yang sudah mau berbagi ilmu. Kalau kami sekiranya japri untuk bertanya mohon kesediaan untuk menjawab ya Pak🙏😁”. (Khairunnisa, STKIP Bima).

    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *