Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram, menjadi tuan rumah workshop pendampingan dan percepatan akreditasi jurnal ilmiah elektronik Mataram. Workshop tersebut terselenggara atas inisiasi dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemensristek Dikti), STIE AMM Mataram, koordinator pusat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dan RJI Koordinator Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendampingan dan percepatan akreditasi tersebut di gelar di Garuda Ballroom Hotel Golden Palace Mataram pada 27-29 Juni 2019 yang dihadiri 35 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Dari total 35 peserta, sekitar 65% berasal dari wilayah NTB baik itu pengelola jurnal yang ada di Pulau Lombok maupun Sumbawa,  namun ada juga peserta yang dari luar NTB seperti Bali, NTT, Jawa Timur, Jakarta, Banten, Jambi, Kalimantan, Sulawesi, dan Riau yang mengikuti kegiatan ini”,  jelas Shahibul Ahyan, ketua RJI koordinator daerah NTB.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Mustangimah M.Si selaku Kepala Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Riset Kemenristekdikti. Dalam sambutannya beliau menjaskan bahwa “Mengucapkan terimakasih kepada STIE AMM dan RJI yang membantu kami (Direktorat riset dan Pengabdian Kepada MAsyarakat dan Direktorat pengelolaan kekayaan intelektual) dalam melaksanakan kegiatan ini. Percepatan akreditasi ini adalah dalam bentuk menjawab tantangan dari Kementerian untuk meningkatkan jumlah jurnal terakreditasi karena kebutuhan jurnal semakin meningkat.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh empat asesor yang secara langsung akan membedah jurnal setiap peserta antara lain Erie Hariyanto, Khudzaifah Dimyati, I Ketut Sudarsana dan Ahmad Harakan. Selain itu Bapak Luqman selaku Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah kemenristek dikti juga turut menjadi narasumber dengan membawakan materi mengenai Kebijakan Program Akreditasi Jurnal.

Ahmad Harakan selaku perwakilan koordinator pusat RJI menjelaskan “kegiatan di Mataram ini merupakan kegiatan ke-6 dari 10 kegiatan percepatan akreditasi yang di handle oleh RJI. Kami berharap akan terus bisa membantu dan mendampingi berkembangnya jurnal di Indonesia”.

Ketua STIE AMM Dr. H. Umar Said, SH., MM menjelaskan dalam upaya menumbuh kembangkan publikasi ilmiah yang berkualitas salah satunya diperlukan tata kelola jurnal yang baik. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dapat meningkatkan kualitas jurnal dan bermanfaat untuk kita semua.

Download:

Dokumentasi

Materi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *