Rabu, 28 Agustus 2019 dilakukan musyawarah pemilihan pengurus Koordinator Daerah (Korda) RJI NTB periode 2019-2021 bertempat di ruang C STIE AMM Mataram. Acara ini dirangkai dengan sharing pengalaman akreditasi jurnal ilmiah yang disampaikan oleh Sigit Ary Wijayanto dan Lalu Ganda Rady Putra.Pada sesi sharing ini banyak dibahas mengenai upaya yang bisa dilakukan agar jurnal yang dikelola bisa terakreditasi melalui ARJUNA Ristekdikti. Sigit menyampaikan bahwa dia banyak mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai akreditasi jurnal ketika menjadi panitia Workshop Pendampingan dan Percepatan Akreditasi Jurnal akhir bulan Juni 2019 lalu yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti bekerjasama dengan STIE AMM dan RJI sehingga Jurnal Valid yang dikelola terakreditasi dengan Peringkat 4 (Sinta 4). Selanjutnya, Lalu Ganda menyampaikan agar pengelola jurnal jangan berpikir terlalu rumit dalam mengelola jurnal, sehingga tidak menjadi beban. Dia juga menyampaikan betapa mudahnya melakukan proses akreditasi jurnal, jika sudah memenuhi syarat diharapkan jurnal-jurnal yang ada di NTB bisa submit melalui ARJUNA.

Setelah sharing dan diskusi berlangsung, dilakukan musyawarah pemilihan pengurus Korda RJI NTB periode 2019-2021 mengingat masa bakti kepengurusan Korda RJI NTB periode 2017-2019 sudah berakhir. Dalam sambutannya, Shahibul Ahyan (Ketua Korda RJI NTB 2017-2019) menyampaikan bahwa RJI NTB dimulai dengan niatan ikhlas para pengelola jurnal di NTB untuk menghimpun diri agar bisa saling berbagi informasi dan pengalaman yang dilakukan pada tanggal 5 April 2017 di Universitas Hamzanwadi. Pada tanggal itulah terbentuk RJI NTB dan berkembang sampai sekarang ini, saat ini kiprah RJI NTB sudah dikenal oleh para pengelola jurnal khususnya di NTB. Dilanjutkan Shahibul Ahyan, bahwa selama 2 tahun terakhir ini sudah banyak agenda yang dilakukan sehingga dia berharap agar ada kepengurusan baru yang mampu mempertahankan dan melanjutkan program RJI NTB dengan cepat. Dia juga minta izin untuk tidak dipilih kembali mengingat akhir-akhir ini dia akan fokus melakukan penelitian disertasi sehingga RJI NTB diharapkn terus berjalan cepat, melakukan akselerasi mengejar Korda RJI lainnya yang sudah maju.

Pada kesempatan tersebut, peserta musyawarah bersepakat memberikan amanah kepada Lalu Ganda¬† (Universitas Bumigora) melanjutkan estafet kepengurusan Korda RJI NTB paling tidak selama 2 tahun ke depan. Shahibul Ahyan mewakili pengurus lama menyampaikan selamat sekaligus mohon maaf kepada pengelola jurnal di NTB jika terdapat kesalahan dan kekeliruan. “Insya Allah pengurus lama termasuk saya akan terus mengabdi untuk pengelolaan jurnal di NTB yang semakin berkualitas”, imbuhnya di akhir sambutan. Akhirnya, semoga RJI NTB semakin maju.

Dokumentasi Musyawarah RJI NTB 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *